Tips konsisten sedekah subuh

Kalau kalian punya uang banyak, hal apa yang akan kalian lakukan hari itu juga?

Kasih ke orang tua, anak, saudara, atau beramal?

Berapa setiap nominalnya? Besar, sedang, atau kecil?

Semuanya tergantung sama pendapatan bulanan kita pastinya yaa dan semoga kita nggak sampai berhutang, karna sama kayak tutup lubang gali lubang.

Kita sering tahu bahwa harta kita ialah sebagian ada titipan dari hak orang lain, maka dari itu kita harus mensedekahkan harta kita.

Sekedar tahu tapi beberapa masih belum memahami, misalnya kita harusnya beli barang yang kita butuhkan dan bukan yang kita inginkan, kaena keinginan manusia itu banyak banget kalau mau diturutin, sedangkan kita sebagai manusia sempet khilaf dan bergumam dalam hati "seharusnya kebutuhan ku cuman ini aja kok, harusnya uangnya masih bisa dipakai untuk yang lainnya".

Maka dari itu, kita harus ingat bahwa kita harus mensedekahkan sebagian harta kita, kalau kata ceramah-ceramah sih 2,5% dari harta kita tapi yang sering saya alami ialah harusnya kita bersedekah lebih dari 2,5%, karna nikmat yang diberiNya ini sangatlah luas.

Kalian bersedekah biasanya dimana sih kalau saya boleh tahu?

Ternyata bersedekah bisa dimulai dari orang terdekat terlebih dahulu, misalnya kedua orang tua atau saudara, masjid, bahkan tetangga yang membutuhkan pun bisa banget, baru kita sedekah ke yayasan yatim piatu yang memang kita incar.

Sedekah ini bermacam-macam bentuknya, tapi untuk yang saya bahas kali ini tentang sedekah subuh.

Manfaat sedekah subuh ini saya alami banyak efeknya, selain percepatan hajat kita dikabulkan, ternyata bikin hati kita ini lebih legowo tanpa rasa beban apapun, jadi ketika kita hadapi suatu permasalahan, semuanya beban hati kita ini rontok karna sedekah, itu menurut saya loh tapi bisa juga kalau kalian terapin dan resapi.

Terus caranya gimana nih sedekah subuh, apakah harus ke masjid atau nyari orang buat kita kasih uang?

Sebenarnya cukup simple agar kita bisa konsisten bersedekah subuh dan ada cara-cara yang mudah.

1. Niat

Iya dong pasti awal-awal itu harus niat dulu sedekah, ingat yaa 2,5% dari harta kita ada hak orang lain tapi kalau mau sedekah lebih dari itu pun sangat baik, kalau kalian tahu kisahnya Dewa Eka Prayoga tentang sedekah, entah kenapa hati ini bergetar banget simak perjalanan hidupnya tentang yang namanya bersedekah dan sampai brutal sedekah.

Ketika gajian bulanan, alokasikan uang untuk sedekah subuh, jadi tiap hari bebas yaa kamu sedekah berapa aja asalkan konsisten tiap subuh dan satu sedekah sama dengan satu doa, masak kamu serakah satu sedekah tapi doanya banyak, jangan yaa.

2. Siapkan kaleng pribadi

Ini bebas kamu mau pakai wadah apapun untuk uang sedekah subuh kamu, pakai toples bekas jajan lebaran pun bisa banget dan tinggal tulis aja "sedekah subuh", beres dan simple kan.

Nggak melulu pagi-pagi kita harus cari orang minta-minta atau anak yatim piatu buat memberi sedekah.

Tapi misal kalau keluar rumah dan ketemu orang yang meminta atau anak yatim piatu, nah kita kasih aja uang sedekah subuh kita kepada mereka.

Jadi sebelum keluar rumah, ambil uang sedekah subuh kita seperlunya aja, pisahkan sama uang pribadi yaa biar kita nggak salah ambil, kadang manusia agak pelupa.

Urusan mereka bohong atau nggak nya udah nggak usah dipikirin, yang terpenting niat kita dan doain mereka aja semoga kehidupannya lebih baik.

3. Pecahkan uang untuk setiap harinya

Maksudnya gini, misal kamu satu bulan menyisakan uang untuk sedekah sebesar 150ribu (semoga aja bisa lebih yaa, aamiin), kemudian kamu pengen tiap hari sedekah subuh.

Sebulan ada 30 hari dan uang sedekah bulanan mu 150ribu, otomatis sehari kamu bisa sedekah sebesar 5ribu kan.

Misal uang 150ribu kamu ini 50ribu pecahan atau ada 100ribunya, yaudah tuker aja uang 5ribuan ke bank.

Simple kan.

4. Kalau pelupa, coba buat tracker

Sekarang lagi trend yang namanya journaling dan isinya pun macam-macam, kamu bisa buat tracker tentang sedekah subuh kamu biar ingat apakah sudah melakukan sedekah subuh atau belum.

Bisa pakai dibuku tulis biasa kok yang terpenting kalian catat dengan rapi aja, karna fungsinya kan untuk membuat catatan supaya kita tahu kekonsistenan kita dalam bersedekah subuh.

Cukup mudah kan untuk kalian praktekan sehari-hari, sedekah setiap hari tapi rutin itu lebih baik, entah doa kalian yang mana yang akan terkabul duluan, yang terpenting ialah terus berbuat baik dan sedekah ini bukan bisa juga dilakukan untuk umat non-muslim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar