Serunya kegiatan blogwalking

Istilah-istilah di blog, saat ini masih aku pelajari pelan-pelan sambil belajar menulis yang menarik juga, karna bagi seorang pemula yang belajar blog, ternyata bukan hanya sekedar menulis aja.

Kayak harus punya "why menulis diblog", karna kalau menulis tanpa tujuan sama halnya kayak kita gak ada semangat, itu menurut ku loh yaa, siapa tahu kamu punya why sendiri dalam menulis.

Kalau aku sudah jelasin diawal aku menulis blog yaitu aku anggap blog ini diary ku, jurnal ku, tempat aku menyimpan segala memory kehidupan ku, bisa jadi bermanfaat buat kamu yang membaca blog ku ini dan bisa saling bersilaturahmi.



Tentang dunia blogwalking, ini pertama kali istilah yang aku dapatkan setelah kenal dunia blog.

Hal yang aku lakukan ialah cari tahu di google apa sih blogwalking itu, dan ternyata istilahnya gak jauh beda sama kayak yang aku pelajari di facebook yaitu scrolling status teman yang nantinya kita like atau komentar.

Akhirnya otak ku encer juga dan bisa pelan-pelan aku belajar tentang blogwalking ini.

Manajemen waktu ku buat blog ialah aku prioritaskan dulu menulis, misalnya siang hari ketika anak tidur, nah waktu blogwalking ialah malam hari jadi aku fokuskan satu pekerjaan dulu baru pekerjaan lainnya.

Aku jarang menyimpan tulisan ku di draft berlama-lama karna aku lebih suka menulis beberapa jam dibandingkan simpan-simpan di draft, keburu lupa mau nulis apa dan otomatis harus baca dari awal lagi, bahkan bolak balik. .iya kan ?

Itu menurut ku loh yaa, apakah kamu punya pendapat lain ?

Kemudian apa aja yang aku lakukan ketika blogwalking ?

Aku baca blog teman-teman, aku beri kolom komentar karna emang sama yang tak rasakan, karna emang aku tertarik sama tulisannya (yah aku minder deh, tulisan ku belum ada apa-apanya), menjalin silaturahmi nambah temen virtual (karna sadar udah emak-emak ngerasa pertemanan ada yang toxic dan berkurang), dan memang itu semua bisa kita kenal sebagai personal branding tapi bukan pencitraan ya.

Karna sejatinya blogwalking membuat ku punya kisah sendiri, bahkan aku pun kayak nemu solusi beberapa hari ini dalam kehidupan ku.

Gak usah jauh-jauh, aku bisa tahu ternyata ada yang bahas niat shalat tuh ketika takbiratul ikhram pertama, ada juga yang bahas booster berat badan bayi, ada pula solusi agar bayi cepat ngomong, dsb.

Rasanya kayak gini dalam hati "oh Dia ngasih aku petunjuk lewat tulisan teman-teman blog ku".

Iya, perantara kita dinasehati sama Dia tuh bisa dari tulisan blog kamu, jadi kamu harus bangga banget kalau tulisan mu menjadikan manfaat buat orang lain.

Ada malaikat yang mencatat niat kamu, siapa tahu bisa jadi amalan-amalan kamu. .aamiin.

Terus ada lagi nih, aku liat beberapa teman ada yang masih pake blogspot kayak aku dan ada juga yang pakai wordpress.

Templatenya lucu-lucu dan aku kira blogspot gak bisa, eh bisa ya, tapi aku masih belum ganti nih karna aku bloggingnya masih pakai hp.

Jadi kalau dibilang, hp itu segala aktifitas ku.

Foto, edit foto, menulis disosmed, eh kalau nulis disosmed takutnya ada yang terganggu makanya aku pilih blog untuk menulis.

Tapi kembali lagi, mohon maaf kalau ada salah-salahnya ya.

Itu lah ceritaku tentang manfaat blogwalking yang selama ini aku rasakan.

Karna keluarin uneg-uneg positif atau negatif, lebih enak dilakukan secara menulis, auto plong rasanya hati kita.

Kalau kamu punya cerita yang sama atau beda nih sama aku ?

12 komentar:

  1. Manfaat blogwalking yang paling aku dapatkan itu adalah teman baru Mba. Banyak banget dapet temen2 blogger yang asik diajak diskusi ataupun cuma sekedar berbagi cerita sehari-hari. Padahal gak pernah ketemu orangnya, bahkan kadang gatau wajahnya seperti apa tapi bisa berteman dengan mereka itu asik sih. Makanya aku suka banget buat blogwalking dan ngobrol dengan blogger lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Tika bener banget, aku pun juga ngerasa kayak punya temen baru buat ngasih nasihat melalui tulisan mereka. Bener2 kayak ngebantu juga dan menimimalisir kegiatan negatif kok blogwalking itu.

      Thanks ya mbak Tika udah mampir.

      Hapus
  2. Manfaat blogwalking yang paling saya rasakan ya menambah networking dan belajar kosa kata baru dari blog kawan2 yang saya kunjungi.

    Anyway, jangan minder lah mbak. Tar kalo kedengeran bloger lain, bisa2 mereka mogok nulis supaya dirimu nggak minder 😅

    Kasih lah apresiasi sama tulisan sendiri. Setuju?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhaa jangan mogok dong yaa😅nanti nggak ada sumber inspirasi dong aku.

      Iya kak Prim, apresiasi pertama buat blog ku ini beli domain dan pengennya bisa pakai tempalate yang menarik juga kalau blog ini bisa berkembang. .aamiin

      Hapus
  3. Waaah keren mba bisa nulis pakai hp. Aku nggak sanggup kalau ngeblog di hp. Lumayan susah buat editing dll :)

    Aku juga suka blogwalking kalau mentok ide dan butuh pencerahan. Tulisan-tulisan orang bisa jadi sumber ide menulis di blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini karna kepepet kak Zakia ngeblog pakai hp🤣laptop masih diservice jadi bermodalkan hp dulu aja.

      Kalau kayak berbenah web dkk-nya, memang perlu yang namanya laptop sih.

      Iya bener, aku juga merasa tulisan orang bisa bikin sumber ide menulis.

      Makasih yaa kak udah mampir di rumah ku.

      Hapus
  4. Waah..halo mba alvi..salam kenal ya.. iya, setuju banget mba..aku pun gitu..kalo nulis di instagram dkk nya itu rasanya agak gak bebas.. Takut “ngeganggu” timeline orang..hehe..Tapi kalau di blog, mau menulis panjang, dengan tema apa pun bisa bebas, hati pun senang..hehe.. Menulis itu berasa healing time banget menurutku..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mnak vii. .ah iya healing time ini memang kondisi ku saat ini makanya entah kenapa pilih si blog ini yg menurut ku nggak cuman sekedar healing tapi semoga bisa bermanfaat.

      Dulu sih healing di fb, tapi di fb banyak akun keluarga jadinya lebih pilih ke blog buat sharing.

      Hapus
  5. BW itu banyak banget nambah temen :D. Bisa dibilang yaaa temenku dr dunia Maya gini, LBH banyaaak drpd yg real. Bbrp udh sempet ketemuan sebelum pandemi. Kdg tiap kali aku traveling ntah ke suatu negara ATO kota yg mana ada blogger yg aku kenal, kita meet up tuh. Seruuu sih. JD ngerasa punya kenalan yg sama2 hobi nulis.

    Dari BW juga aku belajar banyak kosa kata lain, cara menulis yg lebih bgs, yg mungkin cocok diterapin ke blogku sendiri :).

    Aku BW selalunya tiap hari. Tp waktunya ga tentu. Pokoknya selalu ada, minimal 5 blog. Bisa juga sampe 15 kalo sdg gabut hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwk iya kak bener, aku pun merasakan beberapa hal sama seperti yg kak Fanny rasakan.

      Kalau BW tiap hari emang aku usahakan banget karna ketika aku lagi kesusahan dalam dunia real ku, tiba2 ada tulisan teman yg jadi solusi.

      Tapi entah kenapa emang lebih suka baca blog yg niche nya daily, travelling, skincare, parenting, itu sih yg memang bisa nyerap ke otak ku wkwk.

      Hapus
  6. aku sampai sekarang masih seneng bw, karena menurut aku seharusnya kalau kita punya blog gak hanya harus rajin nulis tapi juga harus rajin membaca, menulis membuat kita bisa mengeluarkan ide ataupun pandangan dan lain-lain sementara membaca melalaui bw membuat kita bisa melihat orang lain memberi motivasi atau menginspirasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah bener juga masukan nya mbak Maya. Kadang aku pun merasa juga ada salah satu inspirasi dari tulisan teman2 blog, kayak merasa "gak aku aja yg alami ini, tp orang lain pun juga ada". Makasih mbak masukannya.

      Hapus

Produk Oriflame mahal? Ini solusinya