Sedekah subuh menjadi jalan solusi kegundahan hati

Mau memulai nulis ditema ini masih bingung dan rasanya masih teringat betul betapa maha dahsyatnya kejadian ini, karna aku masih merasa banyaknya dosa yang aku perbuat dan masih belum punya banyak bekal-bekal baik.

Sebelumnya aku mau minta maaf terlebih dahulu, karna disini aku cuman cerita pengalaman ku dan bukan bermaksud untuk pamer, dan bisa saja cerita ku ini jadi perantara bagi yang mau punya hajat.


Sebenernya kisah ini sudah selesai dan ada yang masih proses, karna hajatku ini banyak.

Malu sebenarnya sama Dia, aku ini masih banyak dosa, masih proses belajar berbuat baik lebih-lebih, tapi aku punya doa yang segudang banyak banget untuk ku mintai.

Ya itulah manusia.

Setelah punya anak, aku merasa banyak masalah yang aku hadapi sampai-sampai aku menangis tiap malam. .menangisnya pun gak cuman tampak dari luar, tapi kayak ngomong dalam batin sendiri alias menangis dalam hati pun itu terjadi.

Tiap sujud, aku selalu berdoa mohon petunjuk, mohon kemudahan supaya aku menemukan solusi dari berbagai macam kegundahan hati ku.

Jalan keluar itu pun gak langsung.

Tapi aku tetap terus berdoa tanpa henti, walaupun seperti yang aku katakan tadi masih ada rasa malu untuk doa minta banyak-banyak karna aku merasa masih banyak salah dan dosa.

Syeh Ali Jaber, mungkin inilah yang kemarin-kemarin viral karna membahas tentang sedekah subuh dan itupun banyak yang melakukannya.

Aku pun liat postingan Instagram dari salah satu pebisnis sukses yaitu Dewa Eka Prayoga yang upload tentang sedekah subuh narasumber Syeh Ali Jaber.

sumber : instagramdewaekaprayoga

Beliau mengatakan bahwa semua sedekah itu baik, tapi sedekah yang sangat baik dan dahsyat bahkan cepat terkabulnya ialah ada di sedekah subuh karena disitulah Dia menurunkan malaikat yang bertugas cuma satu yaitu mendoakan bagi yang bersedekah di subuh hari.

Syeh Ali Jaber juga mengatakan bahwa sedekah yang baik ialah sedekah yang disertai doa ataupun hajat kita, tapi satu sedekah satu doa karena kita sadar sebagai manusia banyak dosa bahkan permintaan, kita malu meminta doa yang banyak tapi sedekahnya gak seberapa banyak.

Satu kali doa.
Satu kali hajat.
Satu kali sedekah.

Lakukan rutin lebih baik, sedikit-sedikit tapi rutin itu kuncinya.

Apapun hajat kita, akan dikabulkan oleh Nya, memang waktunya hanya Dia yang tahu.

Sumber ini juga aku dapat juga dari rekan kang Dewa yaitu mas Dodi Zulkifli, karena dia punya rutinitas pagi yang menurut ku patut untuk dicontoh juga formulanya dan dalam formulanya itu pun dia mempraktekkan apa yang dikatakan oleh Syeh Ali Jaber yaitu sedekah subuh dikit tapi rutin.

sumber : instagramdodizulkifli

Caranya bermacam-macam, gak perlu pagi hari kita mencari orang fakir miskin untuk kita kasih uang, cukup punya satu kaleng kita niatkan untuk sedekah pagi dan ini juga dilakukan mas Dodi, kemudian tips lagi ialah dia ambil uang sedekah subuhnya ketika hendak keluar rumah dan bisa dibagikan kepada orang yang meminta-minta, kalau boleh juga sumbangkan ke yayasan.

Perlahan sakit gak jelas itu menghilang

Ini kejadian aku alami mungkin sekitar bulan Oktober atau November 2020an dimana aku tiba-tiba sakit gejala tipus.

Penyakit yang gak pernah aku tahu dan hanya tahu dari teman-teman sekitar kalau tipus itu karna faktor kecapekan dan telat makan.

Tapi gak hanya itu aja, aku lupa bilang ke dokter tentang keluhan masalah feses ku, aku bukan bermaksud jorok yaa karna ini penting banget untuk diketahui.

Kenapa sama feses?

Aku masih ingat betul kata temen ku yang kuliah di jurusan biologi mengatakan kalau mereka bisa mendetek orang tersebut sakit apa dari warna dan tekstur feses, iya mereka mau gak mau belajar dari feses.

Aku dulu aja dengernya jijik tapi baru sekarang aku sadar kalau dari situ lah aku tahu bahwa aku lagi bermasalah dalam kesehatan.

Gejala tipus ku sembuh tapi feses ku ini kok rasanya gak normal, seperti orang diare dan warnanya kadang gak seperti feses normal.

Dikatakan diare yaa agak bingung juga karna setelah buang air besar pun aku gak merasakan lemas dibadan.

Periksa yang kedua akhirnya ketemu solusi, sembuh.

Dan ini aku makan sayur setidaknya dan aku juga beli booster energi ku yaitu Nutrishake.

Harganya jangan tanya yaa, menurut ku mahal tapi lebih baik minum Nutrishake dibanding obat karena ternyata Nutrishake ini bagus untuk pencernaan.

Aku minumnya gak rutin dan ternyata kambuh lagi, sedihnya bukan main waktu itu sampai aku ke dokter lagi.

Diagnosa dokter katanya aku ini gak sakit apa-apa, cuman pola makan ku aja yang harus dijaga seperti makan sayur atau buah, karna memang selama ini makanku agak ngawur, maklum ada balita jadi sampai aku mengesampingkan kesehatanku.

Dari situlah suamiku bilang makan sayur dan booster Nutrishake pokoknya setiap hari harus minum.

Demi kesehatan pun, aku lakukan karna ini sudah berbulan-bulan juga aku bingung, feses bermasalah tapi badan ku kok hanya demam dikit dan perut gak terasa lapar atau sakit.

Akhirnya aku pun juga rutinin sedekah subuh tapi waktu itu tiap subuh aku masukin uangnya ke kotak amal masjid, sampai akhirnya anak ku gak bisa ditinggal subuh-subuh dan kebetulan ada tetangga tahu kalau aku habis dari masjid. .aku putuskan punya kaleng pribadi khusus sedekah subuh.

Tiap hari berdoa, bersedekah subuh agar penyakit tipus dan yang gak jelas ini segera sembuh karna udah ke dokter 3x tapi hasilnya sama aja.

Beberapa minggu kemudian, memang aku merasa sudah jarang diare dan feses udah normal padat, bahkan warnanya pun juga normal. .Allahu Akbar, disini aku bersyukur dan nangis ternyata sembuh.

Aku gak bayangin kalau aku sakit, siapa yang jaga anak ku yang usianya masih dibawah 2 tahun.

Disinilah aku masih terus bersyukur dan tetap melanjutkan sedekah subuh.

Jalan Allah memang kita gak pernah tahu, apalagi petunjuk jala keluar yang diberikan, bener-bener gak terduga.

Kebenaran yang tiba-tiba terungkap

Sebenernya hampir bersamaan ujian ini dengan sakit yang aneh tadi, tapi ini kejadian yang melibatkan mamak ku (ibu).

Kalau sekarang kurang lebih sudah terhitung 1 tahun lamanya kasus ini berjalan.

Sebelumnya, mamak ku ini mengadakan utang-piutang dengan bunga yang awalnya rendah sampai agak tinggi, dan hal ini mak ku gak sendiri, ada beberapa orang yang membantu, namun yang cukup dekat dengan mak ku ialah orang X ini.

Setiap ada pencatatan keluar masuknya uang, anak ku ini selalu ikut nimbrung karna bayi penasaran dan masih suka cari perhatian ke orang lain.

Anakku lewat dan disitu, tiba-tiba mak ku udah risih duluan dengan anakku dan mengatakan kalau gak konsen mencatat.

Bahkan mak ku sempet merendahkan gaji suami ku yang mengatakan kalau tiap bulan mak ku bisa dapat uang diatas gaji suamiku.

Apa yang kamu rasakan?

Iya, mungkin sedih, kecewa, bahkan marah karna perlakuan mak ku yang orang lain gak tahu.

Aku pun sedihnya bertumpuk karna yang aku pikirkan ialah bunganya kok tinggi banget tapi kenapa orang masih mau berhutang ke mak ku.

Sedih, aku takut dan gak mau ada apa-apa terjadi di mak ku.

Akhirnya aku niatkan sedekah subuh jalan satu-satunya ketika mulut ini gak berani untuk menasehati orang tua dan kasus ini bersamaan dengan sakit ku yang aneh tadi gak sembuh-sembuh (tapi alhamdulillah sembuh kok sekarang).

Seiring berjalannya waktu, entah kenapa mak ku merasa ada yang gak bener dipencatatan.

Mungkin dulu sadar, tapi kali ini sepertinya keyakinannya bertambah kalau ada yang aneh.

Eng ing eng, ternyata tidak ada orang yang hutang di mak ku sama sekali.

Betapa terkejutnya mak ku waktu itu dan uang yang hilang pun bisa dikatakan puluhan juta.

Aku yang tahu cerita ini, sampai bicara dalam hati "ya Rabb, apa benar ini jawaban dari doa sedekah subuhku" karna memang waktu terkabulnya itu antara cepat dan lambat menurutku.

Akhirnya aku bisa sedikit bernafas lega kalau mak ku gak makan uang gak jelas itu dan fakta-fakta terungkap.

Aku dan suami ku diam-diam berusaha memaafkan ucapan mak ku yang sempat merendahkan perkara uang.

Keterlambatan berbicara anak balita

Disinilah titik dimana aku masih berharap dan berdoa sampai saat ini, kalau bahas tentang anak, rasanya sedih tapi harus tetap kuat demi anak bisa tumbuh dan berkembang baik.

Arsya ini menurut pandangan ayah ku, perkembangan bicaranya telat, begitupun waktu aku dan suami pulang kampung di Madiun, budhe suami ku bilang kalau anak ku ini geraknya duluan dan bicaranya masih belum.

Dari situlah mulai kepikiran "aku harus gimana lagi cari jalan keluar agar anak ku bisa lancar bicara sesuai anak seumuran dia".

Setiap hari aku ajak main ke tetangga sambil aku ajak ngobrol.

Ngobrol pun penting gak penting seperti "itu loh ada mbah, itu loh ada om" dan apa yang aku dan anak ku lihat, aku ajak ngobrol aja.

Sambil tetep setiap pagi aku sedekah subuh berharap anak ku bisa nambah kosa katanya dan bisa diajak ngobrol layaknya orang dewasa ngobrol.

Sebelumnya, cek ke dokter alhamdulillah gak ada masalah (takutnya autis atau masalah pendengaran tapi gak kok), hanya saja kurang-kurangi anak screen time entah itu utube atau tv.

Nah ini, makanya aku bilang ke orang sekitar ku kalau Arsya stop kasih hp, biarin dia ngerek dan coba alihkan yang lain aja, bukan maksud aku jahat tapi ini semua demi kebaikan.

Sedekah subuh tiap hari.

Berdoa buat Arsya agar bisa nambah kosa kata dan bisa diajak ngobrol.

Alhamdulillah perkembangan bicaranya sudah mulai banyak saat ini walaupun masih proses juga, aku nya tetep banyak omong ke dia karna kalau bukan aku siapa lagi yang diajak ngobrol.

Aku ajak terus dia main ke tetangga.

Iya, lingkungan keluarga ku gak seindah orang-orang karena aku minim banget support sistem untuk merawat anakku.

Tapi alhamdulillah banget sekarang Arsya udah banyak omong walaupun harus diperjelas lagi 1 kata, dan menurut ku ini perkembangan yang pesat.

Utube udah gak lagi, tapi kalau tv masih walaupun gak full, yang ditonton cuman iklan dan kartun aja kok dan aku batasi waktunya.

Aku sangat bersyukur malam ini, sangat.

Arsya menirukan apa yang aku ucapkan dan iya itu buat hati ku cukup tersentuh.

Apalagi kalau sekarang dia ngomong tapi gak aku hiraukan dikit, langsung pipi ku diarahkan menatap wajahnya karna kalau aku ngomong gak diperhatikan Arsya yaa aku cari sorot matanya juga.

Akhirnya...

Ia, inilah jalan keluar yang aku yakini saat ini sampai malam ini aku lakukan yaitu sedekah pagi.

Manfaat lainnya ialah entah kenapa hati ini rasanya lega banget, dan memang benar-benar nagih untuk melakukan kebaikan.

Uang sedekah pagi ku dikasih ke siapa ?

Biasanya aku kasih ke orang pengamen yang lewat depan rumah atau kotak amal masjid.

Semoga dibalik cerita ku ini, bisa jadi perantara solusi kamu karna sesungguhnya Dia memberikan berbagai petunjuk untuk umatnya dengan berbagai cara, misalnya aja cerita ini.

7 komentar:

  1. Masyallaah tabarakallah, semoga Allah senantiasa membalas lebih dan mengabulkan doa² kakak. Aamiinn

    Senang bacanya pengalaman pribadi kakak ini dan akupun merasakan hal yang sama saat melakukan hal tersebut. Semoga Istiqomah kak πŸ˜‡πŸ’•

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak Wita makasih yaa doanya

      Makasih juga udah visitπŸ€—πŸ€—

      Hapus
  2. Balasan
    1. Iya kak Adina sama2, buang yang jelek nya yaa hehe

      Hapus
  3. Masha Allah, terima kasih udah berbagi story ya mbak. Anyway, kalao sedekah shubuh itu kaya gimana ya caranya? Apakah pakai aplikasi sedekah gitu ya?

    Cuma ngebayangin aja shubuh2 sedekah ke mana hehehe.

    BalasHapus
  4. Wkwk itu ada kok di ig nya kang Dewa tentang ceramahnya Syeh Ali Jaber

    Buat aja kotak atau kaleng bekas terus ditulisin "sedekah subuh", jadi setelah sholat subuh, cemplungin uang di kaleng bekas itu deh

    Sedikit tapi rutin lebih baik

    Kalo kata Syeh sih seperti itu

    Terus misal uang nya mau sedekah subuhnya mau dikasih di ortu atau yayasan, boleh2 aja mas Prim. .biasanga kalo udah agak penuh, aku taruh masjid rumah atau orang ngamen gitu. .bismillah niat insun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh I see, semacam bikin celengan gitu ya. Kalau dah terkumpul trus didonasikan.

      Ide bagus nih.

      Hapus