Awal mula tertarik menulis di blog

Kalau diingat-ingat aja bikin lupa, jalan satu-satunya yang bikin aku gak bakalan lupa ialah dengan cara ditulis dibuku tulis, tapi sekarang ada blog yang entah kenapa lagi tertarik nulis disini.

Sebenernya, aku suka nulis tuh dari jaman SD yaitu nulis diary tiap malam dan tiap hari pastinya. .jadi doyan banget tuh nulis kejadian hari ini apa aja yang aku alami, yaa aku tulis dibuku diary ku itu.

Punya buku diary yang model biasa dan bahkan punya yang ada kuncinya, bahkan dulu pengen punya diary yang ada klik passwordnya itu loh tapi kok yaa harganya agak mahal, gak jadi deh beli yang murah aja yang besarnya setelapak tangan orang dewasa.

Entah kenapa dulu suka nulis mungkin aku pede sama bentuk tulisanku hehe namanya anak kecil suka-suka dong yaa.

Dan memang kesukaan ku menulis itu sampai aku dewasa, walaupun tulisan kadang bagus kadang jelek yaudah yang penting bisa aku baca.

Oh iya, aku pun seneng kalau disuruh ngetik dikomputer. .rasanya kayak rapi gitu loh tulisan dan nyaman aja ada bunyi "tik tik tik" di keyboard. .sampe pernah tuh ayah ku bilang "kalo ngetik tuh seng pelan, jebol keyboardnya" hehe.

Sampai akhirnya sekarang terbiasa nulis status entah review entah mood hari ini di story sosmed.

Tiba-tiba melirik dunia blog


Kenal sama blog udah dari jaman kuliah sih tapi waktu itu emang aku gak melirik si blog, karna menurut ku blog ini buat para mahasiswa yang pinter nulis ilmiah. .aku gak bakat menulis dengan baik jadi udah minder.

Aku pun baru tahu kalau pihak fakultas atau kampus, ternyata tiap anak udah punya blog masing-masing. .yaa tetep gak aku lirik kan aku gak suka blog.

Ketika usia ku sekarang udah hampir 30an dan punya anak satu, aku sempet follow salah satu temen beuaty yang merawat blognya.

Dari situ aku kenalan, aku tanya-tanya tentang blog itu kayak gimana aja, dan  tetep aku masih bingung sama blog. .alhasil cuman sekedar tahu gitu aja.

Aku mulai nulis di blog bulan September 2020 dan itu pun masih jarang banget menulis. .karna belum nemu "why alvi menulis diblog".

Tiba-tiba wangsit itu datang, ada salah satu komunitas blog yang ngadain challenge 30 hari menulis. .dari situ lah aku sering liat temen ku share tulisan blognya di story.

Yaa aku penasaran dan kepo juga blog itu kayak gimana sih dalamnya dan apa aja yang dibahas dan akhirnya dalam hati "yaudah oke deh aku mau coba menulis di blog".

Bolak-balik seliweran postingannya BloggerKece yang mengatakan kalau penting blog kita menjadi TLD dan seketika itu aku juga inget kayak kata temen ku tadi kalau mau ngeblog minimal domainnya dot com karna blog itu seperti rumah kita sendiri. .oke lah akhirnya dari situ aku dan pihak BloggerKece.com konsultasi seputar blog.

Dari situ beneran super gercep memberikan aku solusi dari pihak bloggerkece buat nanggepi aku yang baru didunia blog.

Akhirnya aku memutuskan untuk beli domain dot com melalui pihak bloggerkece. .seneng banget akhirnya aku gak repot dan terbantu banget sama pihak ketiga ini.

Pindah ke domain dot com ini 19 April 2021 dan disinilah pelan-pelan aku munculkan "why alvi menulis diblog" yang tema blognya gado-gado supaya blog ku ini bisa berkembang juga, gak melulu review skincare dan personal care yang pernah aku pakai, biar pembaca juga melirik blog ku.

Dari sini aku ikutin beberapa komunitas menulis agar aku bisa belajar juga tentang dunia blog.

Aku pun masih belajar apa itu seo, page view, dkk-nya karna saat ini aku pengen nulis tentang apa yang ada di diriku dan pengalaman ku. .semoga aja sih bisa jadi cuan kan lumayan.

Tema blog yang aku inginkan

Tadi aku sempet cerita kan kalau tema blog ku ini awalnya review pengalaman ku tentang skincare atau personal care, nah aku dapat saran dari pihak bloggerkece kalau blognya mau berkembang maka coba niche gado-gado tapi ala aku sendiri.

Jadi aku memutuskan kalau tema blog ini memang masih gak jauh-jauh dari dunia skincare dan tipsnya, lifestory yang pernah aku alami tapi mohon ambil sisi baiknya aja yaa, tentang buku yang aku punya dan entah kenapa lagi pengen sharing tentang hal ini, kemudian dunia blog ku.

Aku tulis diblog pun supaya aku ini inget dan punya kenangan tentang apa aja yang terjadi di hidup ku.

Dan pengennya lagi, tiap hari bisa menulis. .walaupun kemarin-kemarin aku masih sering absen buat menulis. .jadi ku ibaratkan blog ini diary sekaligus jurnal ku juga.

Oh iya, aku selama ngeblog ini pakai hp Vivo Y30 jadi bener-bener nekat ngeblog

Laptopnya kemana ?

Nah ini lagi diservice karna sudah punya "why alvi menulis diblog" makanya aku langsung gercep buat service, sementara ngeblog pake hp gak apa-apalah sambil disamping anak lagi tidur pun bisa menulis.

Kalau layar laptop kan terang banget, takutnya malah bocil bangun dan gagal menulis. .jadi dinikmati aja menulis blog pakai hp.

Tapi kalau ada hal lain yang buat aku berkembang, bisa jadi tema ini nantinya nambah lagi. .semoga aku konsisten menulis yaa tiap hari kalau gak ada halangan. .aamiin.

Selama blog pakai hp gak jauh-jauh beda sama web laptop, aku pengen ngeblog pake hp karna ada sisi kemudahan dari ku yang gak bisa lepas dari hp.

Aku masih harus banyak belajar tentang dunia blog, meskipun masih belum paham-paham banget, tapi aku akan ulangi terus sampai aku cukup paham.

Ikut komunitas blog

Alasan bisa konsisten nulis blog salah satunya ialah masuk ke komunitas para blogger dan disini aku ikut komunitas bloggerperempuan, 1minggu1cerita, dan kbbvindo.

Nah yang bikin aku semangat buat tiap hari menulis tuh di komunitas 1minggu1cerita karna aku merasa punya temen baru nyimak mereka yang udah lama diblog dan mereka keren-keren blognya. .kalau gak setor selama 6 minggu di outkan grup tapi boleh daftar member lagi. .eits mereka gak galak kok, baik-baik banget malahan.

Makanya aku ini juga kayak jadi support sistem ku dalam hal menulis.

Dari blog-blog mereka inilah aku belajar tentang ide menulis ku, hal apa aja yang aku lakuin di blog, kemudian cara mau dapat cuan dari blog (semoga aku bisa aamiin), dan masih banyak lainnya yang belum aku temukan.

Pengen juga ikutan komunitas lain tapi aku masih belajar komunitas-komunitas ini dulu, otak juga biar gak overload.

Harapanku di blog ini, aku yang sebagai ibu rumah tangga pengen punya me time supaya aku bisa rileks juga. .cara me time tersimple ku yaitu menulis dan untungnya ada media blog ini yang bikin aku masih tetap menjaga kewarasan ku sebagai ibu rumah tangga yang bisa dikatakan jarang keluar rumah.

Sekian curhatan ku

22 komentar:

  1. Halo kak Alvi. Kak Alvi yang tadi kan yaa? Di grup WA? Hehehe

    Wahh.. itu malah udah com kak. Saya beli yang murah aja seharga nasgor cukup lah. Belum mampu saya beli yang com. Pengennya sih langsung com. Takutnya ditengah jalan ga bisa perpanjang karena blog belum menghasilkan.

    Emm.. Aku uga termasuk baru loh kak. Baru kemarin Desember 2020 seriusnya. Lw asal2an udah dari SMA pas zaman MWB.

    Btw, aku ada yang baru loh kak. Intip yuk kerumah! Wkwk

    Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kak Joko, iya yg kepencet tlp ahah

      Iya awalnya pun aku mikir beli gak yaa, tapi ternyata aku udah nemu "why menulis diblog", jadinya aku nekat aja beli dot com

      Aku baru mulai serius baru2 ini sih, mencoba tiap hari menulis dengan apa adanya aku. .masih belum blogger banget

      Aku belajar seni copywriting sih, tentang blog nanti sambil jalan

      Aku udah BW ke blog kamu kak hahaha cek cek aja

      Hapus
  2. semangatnya luar biasa nih kak Alvi hehe. semoga selalu konsisten kak! 😁

    btw, dulu waktu pertama kali bikin blog di wordpress tahun 2017 pun aku sempet kepikiran hal yang sama bahwa menulis di blog untuk yang udah jago aja atau udah punya niche blog yang jelas/spesifik.

    karena nggak ada inspirasi dan jadi males lanjut ngeblog, vakumlah selama 2 tahunan kayanya. Baru balik lagi nyoba nulis di blog pertengahan 2020 lalu. setelah kepo sama beberapa blog milik orang lain, ternyata isinya nggak selalu hal-hal serius, berat, atau bahas satu topik tertentu hehe. dari situ aku jadi dapet banyak pembelajaran dan inspirasi kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak semoga semangatnya masih terus gak kendor, emak2 sharingnya lewat blog🤣

      Iya bener banget, BW itu ku kira cuman yaudah baca tok gitu. .tapi dibalik BW yang tak rasain yaa kayak nemu ide "oh blog tuh kayak gini, isi blog macem2, trus banyak tips tentang blog"

      Kalau ada bacaan yang sesuai kondisi kita. .emm malah kita kayak nemu sumber insipirasi bahkan solusi.

      Makasih yaa udah mampir☺️

      Hapus
  3. Jadi pengin beli domain, udah lama ngblog tapi belum berani beli domain sendiri 😂. Makasih mba tulisannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi sama2 kak😊

      Iya aku beli domain karna udah nemu "why nulis diblog". .soalnya kalo gak gitu, aku nya gak bakalan nulis2 di blog hiks

      Aku masih pemula harus banyak yg aku pelajarin

      Iya sama2 kak😊makasih yaa udah mampir

      Hapus
  4. Halo kak Alvi. Semoga konsisten semangat buat nulis di blognya...

    Oiya kak kayaknya memang benar deh kalau ikut komunitas2 nulis gitu bikin semangat kita terpacu juga, apalagi kita merasa ada support sistem dalam menulis. Aku ikut2an komunitas gitu kan banyak blogger yang kece2 gitu tu kak, duhh kadang aku merasa masak mereka bisa aku gak, itu jadi semangat positif juga jadinya kak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya makasih kak Ulfa. .virtual hug

      Iya bener, kadang nih aku liat beberapa dari kalangan yang sebelumnya gak tau2 amat tentang blog, malah sekarang blog ini seperti hobi

      Makasih yaa kak udah mampir😊

      Hapus
    2. Setuju sama pendapat kakak saya diatas ini, kak Ulfah. Apalagi kalau saya udah ketemu sama gerombolan ciwi2 hihihih Ngobrolnya bisa ngalor ngidul ga selesai2. Wkwk

      Ternyata mereka semua asik dan ga pelit akan ilmu, siap menolong, baik hati, dll lah. Hehehe

      Hapus
  5. aku barisan blogger yang suka nulis diary sejak SD angkat tangan mbaaakk!🙌🏻 Berasa relate banget denger cerita part ini, wkwkw. Selamat bergabung di dunia blog yaa mbak, semoga tujuan dan segala niat baiknya untuk blogging dapat terealisasikan, Aamiin😁

    Aku setuju kalau gabung di komunitas-komunitas justru malah ngebantu kita untuk lebih semangat dalam menulis konten di blog. Karena selain banyak tantangan yg diberikan untuk kita, dan banyak senior-senior yg nggak pelit ilmu, kita juga bisa nambah temen baru dari sana. Jadi dunia blog nggak terasa sepi, deh😍 By the way, salam kenal mbak Alvi😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin aamiin makasih kak doanya. .salam kenal juga kak🤗

      Iya dulu awalnya gak ikutan komunitas kayak tersesat di jalan, setelah tau ada komunitas2 blog. .jadi kayak lebih terarah dan gak buntu juga mau ide nulis apa an

      Hiks aku masih awam sama blog jadi masih perlu banyak belajar tentang seo dkk nya

      Hapus
  6. Waawww mbak semangat banggeett saluutt 👏 jadi malu aku hihi
    Btw kita samaaannn aku juga suka banget ngetik-ngetik apapun ituuu sampe kadang nggak jelas yang aku ketik 😂
    Cerita kita beti beti mbak (beda tipis) hehe aku pun isinya gado-gado dan masihh meraba-raba perihal seo dkk

    Semangat nulisnyaaaaa 💃✨

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak jauh berbeda dengan saya kak Dea. Saya apa saja dijadikan konten. Biasanya sih 1 2 hari yang telah lalu baru bisa saya tulis. Apalagi lw ada yang unik n cocok buat saya jadikan konten itu seneng banget kak. Pokok setiap gerak, langkah, kita harus berfikir jadi konten. Wkwk

      Bisa menemukan konten yang waw itu nilai plus sendiri. Kalau saya penting update terus tulisan kalau bisa setiap hari (ODOP). Tapi saya belum bisa, baru bisa 1 minggu berapa tulisan, 2 sampai 4 tulisan, tergantung mood aja.

      Dan alhamdulillah setiap nulis respon postif semua dari komentarnya. Ditunggu BW nya kak. Mungkin kk menemukan sesuatu disana. Hihihi

      Btw, salam kenal dulu dari saya, Tom.

      Hapus
    2. Hai kak Dea, hihi yuk semangat yuk. .aku pake note supaya tau kapan aku nulis gak nya jadi kayak mencubit ku buat selalu inget nulis di blog

      Virtual hug yaa

      Hapus
    3. Bisa kak Tom ODOP, coba aja buat tracker menulis jadi nantinya kayak warning secara alami

      Hapus
  7. Wahh. Waktunya saya belum dapat kak, susah ngaturnya. Saya lw buat konten 2-3 harian. Harus benar-benar saya maksimalkan kualitasnya daripada banyak post doang (menurut saya).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ada yg begitu juga sah2 aja mas Tom. .emak2 butuh curhat di blog kadang ahaha

      Hapus
    2. Kayaknya lebih ke itu deh kak wkwk

      Hapus
  8. Samaan kita, Kak. Ngeblog itu memang mengasyikkan ya 😁

    Terima kasih udah berkunjung ke www.melianaaryuni.wordoress.com 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aku baru tahu nya sekarang kalau ngeblog itu asik, tapi lebih asik lagi kalau udah bisa seo dan bercuan hahah

      Sama2 kak😊

      Hapus
  9. Hai mbaa Alvi ...
    Samaan ya kita nge-blognya pake Hape haha ... Saya sendiri masih belajar konsisten nulis dulu, takutnya brenti di tengah jalan eeh laptopnya udah kebeli hehe ...
    Semangat menulis di Blog mbaa Alvi, semoga kelak Cuan-cuan berdatangan 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita emang tim hore ngeblog pake hp tanpa takut dosa🤣

      Iya konsistenin aja dulu target berapa bulan gitu, nanti ubah goal nya lagi

      Yuk mari kita bercuan tapi belum di acc sama ads nih🤣perlu belajar seo

      Hapus