4 langkah mudah memakai skincare untuk pemula

Hai kamu gimana kabar hari ini? Semoga dalam keadaan kulit yang sehat karna merawat kulit merupakan bentuk dari self love kamu.


Pernah punya niatan untuk belajar skincarean secara mandiri tanpa perlu ke klinik kecantikan lagi, supaya kulit kamu nggak ketergantungan cream klinik kecantikan? 

Seperti itu yang pernah saya dengar dari beberapa orang yang pernah atau belum pernah memakai skincare klinik perawatan kulit.

Tapi coba banyangkan kalau kita nggak pakai produk perawatan wajah, apakah kulit kita masih bersih atau malah semakin kusam dan bermasalah?

Saya pernah ada diposisi keduanya kok dan nggak ada yang namanya ketergantungan suatu produk, yang ada ialah bagaimana caranya kita mengenal kulit kita, kemudian mempelajari step by step apa aja untuk melakukan perawatan kulit, dan pastikan produk yang kita pakai ialah sesuai kebutuhan kulit, bukan apa maunya kita karna akan membuat hasil kulit nggak maksimal.

Mau hal itu terjadi? Nggak dong pastinya, semua orang pengen kulit wajahnya minim masalah tapi masih ada beberapa yang belum tahu step by step dalam memakai produk skincare, terkadang, ada yang skip salah satu step nya, padahal setiap step mempunyai fungsi dan manfaatnya masing-masing untuk kulit kita.

Catatan kecil dari saya ialah skincarean di era tahun 2000an ini bukan hanya perempuan, tapi kaum laki-laki pun sudah mulai melirik, karna mereka sadar permasalahan kulit wajah yang mereka alami berasal dari faktor eksternal.

Dulu yang kita tahu step skincare itu hanya 2 atau 3 step saja, tapi sekarang minimal kita tahu 4 step dasar berskincarean untuk pemula, kalau sudah merasa enjoy sama kulitnya, kamu bisa coba juga 6 bahkan sekitar 10 step dalam skincarean.

Hah banyak banget?

Iya karna pakai skincare itu nggak cukup harian aja, melainkan ada juga step mingguan yang kamu bisa coba.

Pagi dan malam, dua waktu itu sudah cukup dan asalkan kamu rutin aja pakai produknya, karna hasil maksimal nggak dibangun dalam semalam.

Kenalan dulu sama step by step skincarean untuk pemula di pagi hari :

1. Face wash
2. Toner
3. Pelembab atau day cream
4. Sun protektor

Sekarang step skincarean malam hari yang simple untuk diingat juga :

1. Remover makeup, cleansing oil, atau cleansing blam
2. Face wash
3. Toner
4. Pelembab atau night cream

Bisa kita lihat, hanya 4 langkah mudah dengan 5 produk, dapat membuat kulit wajah kita minimal bebas masalah.

Dari beberapa orang terdekat, banyak yang tanya "kalau sore hari gimana, pakai skincare lagi atau enggak".

Aku dapat dari berbagai sumber kecantikan yang ada, kulit wajah minimal 2 sampai 3 kali dibersihkan, karna kalau semakin sering mencuci muka, maka efeknya ialah kulit jadi mudah iritasi, skin barrier atau lapisan kulit wajah bagian luar akan lebih mudah mengalami permasalahan wajah misalnya jerawat.

Sekarang ketahui dulu apa saja manfaat dari setiap step untuk kulit wajah kamu :

1. Face wash

Ini step pertama yang dilakukan nggak boleh sering dan nggak boleh kurang juga, karna face wash ini punya fungsi untuk membersihkan kulit wajah dari sisa debu dan memberikan efek segar di wajah.

Pernah saya nggak pakai face wash selama 3 bulan dan itu bikin kulit wajah saya kusam, nggak mau hal itu terjadi dan akhirnya rutin pakai face wash itu sangat penting, karna face wash punya manfaat untuk angkat sel kulit mati agak tidak menumpuk.

Bagi yang punya pori-pori besar, kamu pun juga nggak bisa skip yang namanya pakai face wash karna pori-pori yang tersumbat karna kotoran pun dapat memunculkan jerawat, bahkan beruntusan pun juga bisa.

2. Toner

Entah kenapa dulu kata dokter klinik kecantikan, kalau kulit wajah lagi bermasalah justru nggak boleh pakai toner, padahal toner ini fungsinya untuk mengembalikan pH kulit wajah setelah mencuci muka pakai face wash (ini pun saya baru tahu setelah belajar skincare secara mandiri).

Selain itu, ada beberapa fungsi toner yang wajib kita ketahui, diantaranya untuk mengangkat sisa kotoran diwajah kita setelah menggunakan sabun, jadi kita pun gak bisa berharap sepenuhnya kalau cuman pakai face wash aja.

Pakai tonernya pun menggunakan kapas dan ditap-tap disemua area kulit wajah, kecuali area mata, karna area mata punya produk tersendiri.

Toner pun juga bisa mengatasi jerawat yang meradang, iya, saya suka step toneran karna kulit wajah saya untuk saat ini mudah sekali berjerawat.

Tapi perlu dicatat, nggak semua toner biaa mengatasi jerawat karna kita harus cek dulu kandungan produk tersebut apakah untuk mengatasi jerawat, atau mencerahkan kulit wajah, atau untuk melembabkan.

Karna yang saya pakai ini toner untuk jerawat, jadi saya betah banget berlama-lama kompres jerawat saya, dan alhasil jerawat saya kering dengan cepat.

Hal ini seringnya terjadi pada jenis kulit yang berminyak dan mudah berjerawat.

3. Pelembab (day dan night cream)

Pagi dan malam sebelum tidur, ternyata kulit wajah butuh asupan.

Bagaimana kalau cuman pakai produk day atau night cream aja?

Kembali lagi tujuan utamanya, kamu mau hasil skincare kamu maksimal atau cuman setengah-setengah aja dan menyalahkan produk.

Karna sebagian besar orang pengguna skincare, mereka belum paham benar tentang kulitnya dan ini butuh waktu yang nggak singkat, dipelajari bisa kok asalkan kamu memang tekun simak materi skincare dari para ahli kulit wajah atau influencer yang fokus di skincare.

Day dan night cream ini punya tekstur yang berbeda juga, namun ada juga tekstur yang sama dan ini hanya dimiliki oleh produk skincare basic, kalau skincare dengan kandungan anti aging, dia akan punya 2 jenis moisturizer.

Yang perlu kita tahu, day cream ini ada yang mengandung SPF dan tidak, maka dari itu lebih baiknya kita punya day dan night cream karna kita juga butuh SPF di pagi hari untuk melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari.

Manfaat day cream untuk kulit wajah kamu ialah melembabkan kulit wajah, apalagi kalau kamu yang suka makeup, jadi usahakan kulit wajah kamu dalam kondisi yang lembab yaitu pakai day cream, kemudian kamu bisa pakai makeup.

Selain itu, seperti yang saya bilang tadi kalau kulit wajah butuh perlindungan dari paparan sinar matahari, jadi ada beberapa day cream yang punya SPF dan ini sangat membantu kulit kamu agar terlindungi, semakin tinggi angka SPFnya maka semakin lama perlindungan kulit kamu dari paparan sinar matahari.

Tapi, bukan berarti kamu bisa berlama-lama dibawah panasnya matahari ya.

Manfaat night cream yang jarang orang ketahui ialah untuk menutrisi lebih dan lebih untuk kulit kamu, karna malam hari inilah saatnya kulit meregenerasi, saya pun maksimal pakai night cream jam 22.00 karna diatas jam 22.00 itu lah saatnya kulit kita bekerja.

Misal tidur jam 21.00 dan bangun tidur jam 5.00, otomatis kinerja skincare akan maksimal yaitu 8 jam, benar kan? Karna kita pun juga butuh yang namanya istirahat teratur, jadi night cream pun juga sama seperti jam tidur kita.

Night cream pun juga membantu memperbaiki kulit kita di pagi hari, kegiatan outdoor banyak atau sedikit pasti membuat kulit kita terasa lelah, maka dari itu penting banget pakai night cream.

Night cream juga membantu untuk melembabkan dan menutrisi kulit, apalagi bagi yang sudah muncul tanda-tanda penuaan dini pada kulit, kamu wajib waspada kalau nggak mau dikira usia kamu lebih tua dibandingkan usia kamu sebenarnya, karna night cream mengandung bahan untuk mengembalikan kolagen kulit kita.

4. Sunscreen

Kalau kita bahas tentang sunscreen, sekarang sudah viral sekali, karna ini adalah rajanya skincare, dimana sunscreen ini punya manfaat yang dibutuhkan para pemakai skincare.

Sunscreen ini, kalau kata para influencer beuaty sih memang minimal pakainya 2 ruas jari, tapi entah kenapa saya merasa banyak banget dan diwajah saya nggak nyaman, jadi saya pakai secukupnya wajah saya saja.

Tapi kalau kamu memang mau coba apa yang seperti dikatakan beauty influencer pun sah-sah aja kok.

Karna yang namanya kulit wajah juga butuh perlindungan yang lama.

Sunscreen sendiri pun punya beberapa SPF, mulai dari SPF 20, 30, 50, bahkan ada juga yang ditambahin UVA/PA dan ini perlindungan yang extra di kulit wajah.

Saya nggak jelasin tentang SPF atau PA secara detail, karna saya sebagai pengguna emak-emak yang tahu bagian umumnya.

Semakin tinggi SPF yang kita pakai, maka kekuatan dia untuk melindungi kulit kita jauh lebih lama, apalagi kalau sudah ada simbol UVA/PA.

Dan PA ini ada juga yang PA+, PA++, PA+++, dan PA++++, semakin banyak simbol + maka proteksi terhadap sinar UVA semakin tinggi.

Iya, kita tahu yaa kalau paparan sinar matahari itu ada UVA dan UVB dan lebih mudahnya lagi kalau kita pahami, UVA ini menimbulkan penuaan dini pada kulit sedangkan UVB ini membuat kulit kita jadi mudah terbakar.

Dari sini kita sudah tahu bahwa yang memang cukup bahaya ialah sinar UVA, maka dari itu kita butuh perlindungan extra untuk kulit kita yaitu pilih sunscreen yang ada simbol PA+.

5. Double Cleansing

Saya sebutkan tadi kalau pakai remover makeup, cleansing oil, atau cleansing balm dalam step double cleansing.

Kalau mau harga ekonomis memang lebih enak pakai remover makeup walaupun ada gesekan kasar di kulit wajah kita, tapi kalau pakai cleansing oil atau cleansing balm, dia akan membersihkan kulit kita lebih lembut lagi.

Kenapa teknik double cleansing ini perlu dipraktekan?

Karna wajah kita ketika dimalam hari itu nggak cukup membersihkan dengan face wash saja.

Aktifitas seharian yang padat, baik itu indoor ataupun outdoor perlu banget membersihkan kulit wajah dari sisa debu, sisa skincare, bahkan sisa makeup.

Ketika pembersihkan kulit wajah kurang bersih, maka akan timbullah permasalahan kulit wajah misalnya saja komedo atau jerawat, nggak mau hal ini terjadi maka rajin-rajin lah step malam double cleansing.

Maksimal kita berskincare-an malam ialah jam 22.00, karna diatas jam 22.00 kulit sudah mulai melakukan regenerasi kulit.

Kesimpulan

Secara basic, 4 langkah mudah ini sangat penting buat yang baru aja menggunakan skincare secara pribadi atau yang ternyata masih baru tahu step dasar berskincare.

Kalau sudah paham sama 4 langkah ini, langkah selanjutnya pasti lebih mudah banget dalam mengaplikasi skincare tambahan seperti essence, eye cream, serum wajah, bahkan face oil.

Bahkan nantinya pun juga lebih mudah dalam menerapkan kapan kamu exfoliate wajah secara mingguan, baik itu pakai sheetmask atau clay mask, bisa juga scrub.

Tapi untuk usia muda, scrub memang sangat bermanfaat banget tapi kalau di usia yang sudah tua, lebih enaknya melakukan exfoliate wajah yang lembut-lembut aja yaitu skincare dengan bahan-bahan anti aging.

2 komentar:

  1. Aku terbiasa pake skincare dari sjk SMP akhir. Ato awal SMU. Semuanya berkat mama yg ngebiasain dari dini. Of course yg dipake skincare yg sesuai kulit remaja dulu yaaa.

    Mama bisa marah bgt kalo aku berani tidur tanpa bersihin wajah :p. Pokoknya secapek apapun pulang ke rumah, wajah hrs dibersihin dulu. Dan itu bikin aku terbiasa Ampe skr.

    Kalo skr apalagi. Udh komplit yg dipake :). Dari micellar water, facial wash, toner, Avene spray, essence serum, eye cream, day cream/night cream, sleeping seminggu sekali, masker wajah, sunscreen kalo kluar, sampe vitamin kulit yg diminum aku rutin. Dan aku ga sering Gonta ganti produk selain Krn kulitku sensitif, juga ga mau produk ga kerja maksimal.

    Efek yg didapat kalo udh terbiasa skincare -an, at least di usia nyaris 39, aku blm ada keriput, sementara temenku yg sebaya udh ada :D. Makanya penting sih skincare itu, anggab aja investasi masa depan untuk kulit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wiihhh selfcare yg bikin seneng yaa kak pastinya kalau minim keriput.

      Aku belum selengkap itu sih kak Fan, masih tahap basic kalau wajah lagi berjerawat, tapi kalau udah normal lagi, aku pakai si serum wajah, eye cream bener2 nggak mau ke skip sih ini karna area mata lebih cepat alami tanda2 penuaan dini huhu.

      Sama, aku juga gak mau gonta ganti, ganti pun tunggu reaksi selama 3 bulan, kalau ada perubahan baik, lanjut, kalau perubahannya jelek, aku stop karna berarti kulit wajah ku gak butuh produk tsb.

      Tp masih ada beberapa orang belum menganggap investasi kulit itu penting hiks, tp kalau udah usia 40an, baru mereka teriak2 permasalahan wajah.

      Hapus

Produk Oriflame mahal? Ini solusinya