Belajar copywriting buat emak-emak untuk berjualan atau menulis

Mau nulis tapi yaa agak malu, karna masih merasa kalau tulisan ku ini masih belum dikatakan sempurna. .tapi banyak pepatah bilang "coba aja, coba terus, kalau gak dicoba gak bakalan tau". .yaudah saatnya praktek.

Suka nulis tapi tulisan muter-muter

Mungkin ini kali yaa yang dirasakan orang pas baca tulisan ku tulisan ku katanya mbulet, kadang nyambung kadang gak.

Kalau yang udah deket sama aku, mungkin tahu maksud yang aku tulis tapi belum tentu sama orang lain gak kenal-kenal banget sama aku. .jadi disinilah aku dituntut untuk belajar cara menulis yang benar.

Sebenernya, dari aku kecil mungkin masih SD, aku emang suka banget sama yang namanya menulis. .kalau jaman 90an anak-anak kecil doyan kan yaa beli buku diary yang kecil-kecil. .nah tuh aku beli dan setiap hari nulis kejadian hari ini.

Buku diary lucu-lucu bentuk nya dan motifnya, apalagi kalau ada passwordnya atau kuncinya. .nah ini yang bikin aku sampe ngelirik pengen beli. .ujung-ujungnya beli yang gembokan karna biar rahasia gitu. .pikiran jaman kecil dulu gitu yaa.

Terus gak sampe bukunya habis, rombeng lah tuh buku diarynya.

Aku emang masih status member Oriflame sampai saat ini, tapi aku gak jalanin bisnisnya. .aku cuman pakai produknya aja dan kalau ada yang nitip orderan pas promoan yaa oke-oke aja.

Nah yang aku ambil tuh ilmu-ilmu yang menurut ku layak aku ikutin aja.

Salah satu upline leader ku yang level nya udah tinggi banget, waktu itu adain kelas online yang isi kelasnya ialah belajar menulis modal curhat dan omset melesat.

Awalnya aku disuruh sama upline ku langsung untuk ikutan kelas, gak mau ikutan karna yaa males aja sih tapi kok yaa lama-lama aku penasaran sama kelasnya.

Yaudah aku ikut aja toh kelasnya via telegram jadi gak bikin lemot hp.

Oh iya, narasumbernya bernama Alfi Syahrin atau dikenal dengan Afik Canggih. .beliau ini seinget ku anak pesantren dan usianya masih muda banget.

Oke lanjut yaa.

Dan pada sesi terakhir, yaa pasti tahu lah ujung-ujungnya jualan bukunya dia sendiri.

Aku lupa lebih tepatnya langsung ikutan daftar beli atau nunggu besoknya, tapi yang jelas aku jadi beli karna waktu itu ada paket bundling. .otomatis lebih murah.

Buku yang direkomendasikan berjudul "Copywriting Emak-emak Modal Curhat Omset Melesat" dan paket bundling yang aku dapatkan berjudul "Main Facebook Scrolling, Posting, Closing!".

Sebenernya malah ngelirik buku Main Facebook dibanding CEE Modal Curhat Omset Melesat, karna waktu itu aku masih doyan sosmed facebook.

Tapi setelah aku liat-liat, kedua buku ini bermanfaat juga kok untuk menulis di sosmed.

Kali ini yang aku bahas buku CEE yaa, jadi fokusnya ke buku yang ini dulu.

Akhirnya beli buku demi belajar menulis

Kata belajar menulis ini bikin aku agak canggung sih, maksudnya belajar menulis supaya berpola dan menarik gitu yaa kan, apalagi syukur-syukur kalau ada yang mau baca sampai akhir.


Nah ini dia bukunya, cover warna merah mudah kayak warna favorit ku. .siapa yang gak ngelirik coba yaa kan bukunya menarik banget dari segi covernya. .bawa anak, pegang hp, eh gambar uang jadi otomatis pengen bisa menghasilkan uang walaupun status udah jadi ibu rumah tangga.

Pada halamab belakangnya terdapat tulisan "KENAPA BUKU INI DIBUAT? Buku ini kami tulis untuk membantu emak-emak yang sedang membangun bisnis online. Atau siapapun Anda yang ingin menghasilkan income lebih banyak hanya dengan Kata-kata."

Siapa yang langsung tergiur? Pasti seorang ibu muda atau seorang ibu rumah tangga yang sudah beranak pinak yang pengen punya penghasilan walaupun dirumah jaga anak dan urus-urusan rumah yang gak pernah ada habisnya. .yaa kan bener.

Jadi kalau nulis di blog ini pun, juga bisa pakai copywriting yang disarankan buku CEE ini.

Oh iya, ini yang menulis buku ada 2 narasumber, yaitu Afik Canggih dan Dewa Eka Prayoga atau dikenalnya Dewa Selling.

Di buku CEE ini, pada halaman awalnya gak langsung bahas tentang materi loh. .tapi mereka menjelaskan gimana siklus kesuksesan seseorang.

Ternyata mindset seorang emak-emak atau yang ingin belajar copywriting cuman butuh 3 macam aja dan balik ke siklus awal.

1. Yakin (ilmu yg ada dibuku CEE benar-benar proven).
2. Praktik (coba praktekan dalam bentuk tulisan).
3. Hasil (bagi yang jualan atau tulisannya dijadikan buku atau kayak blog ini, akan merasakan omsetnya).

Kemudian balik ke siklus yakin lagi.

Memang sih kita harus benahin mindset kita dulu kan yaa sebelum menulis apapun itu, kemudian WHY kita nulis itu apa, supaya kita tetep yakin pada diri kita sendiri bahwa kita tuh bisa loh nulis yang menarik.

Nulis status di sosmed aja lihai bener kan, nah bisa juga diterapkan pakai copywriting tulisan kita.

Kemudian isi buku ini mengajarkan kita teknik menulis yang baik, misalnya dengan story telling alias kayak kita curhat gitu loh sama orang cuman medianya yaa internet kita nulis.

Aku merasa terbantu di buku CEE ini, kadna aku belajar menulis dengan berpola atau beruntut dan yang paling penting sih mindset buat menulis yaa buat aku. .kalau buat yang jualan atau usaha, pasti lebih bisa dibanding aku. .aku yakin itu.

Karna baru 2 bulan yang lalu, aku belajar buat camilan yaitu pudding yang modal ku liat utube, nulis resep dan cara bikinnya kayak gimana aja, dan ini pas aku buat sendiri ternyata enak. .walaupun beberapa trial error tapi kalau mau dicoba terus ih ternyata bisa.

Oke disini berarti aku yakin kalau pudding ku layak untuk dijual.

Dan aku sekarang mau praktik, dengan cara menjual ke orang lain.

Awalnya aku jual ke tetangga ku yang juaan jajan kecil-kecilan, dia pun juga ikut coba pudding ku dan katanya enak, terutama fla coklatnya. .emang berasa coklat beneran.

Darisitulah aku yakin lagi kalau pudding ku bakalan bisa diterima konsumen.

Akhirnya aku coba memberanikan diri praktik titip jajan ke orang-orang yang jualan jajan pasar.

Awalnya aku gak mudah untuk nitipin pudding ku ini, karna katanya sudah banyak aneka makanan dan emang iya juga sih pudding nya aja ada yang macam 3, ditempat lain ada yang macam 4.

Mundur lah yaa aku, tapi aku gak patah semangat. .aku inget why aku jualan pudding. .aku cari yang lain dan alhamdulillah orangnya mau aku titipin jajan ku.

Hasil yang aku rasakan ialah banyak yang suka pudding ku, terutama anak-anak kecil. .yaa anak kecil doyan aja yaa ada coklat dan itu emang langsung laris.

Apalagi pudding ini terkenal kaya akan serat, nah bisa memperlancar bab pada anak juga kan. .bermanfaat. .akhirnya bikin lagi puddingnya deh dan titip ke orang jualan lainnya.

Seperti itu lah kalau yang aku praktekan sesuai buku CEE ini. .mantap kan.

Investasi leher ke atas untuk menulis sangat berguna ternyata, itu yang aku rasain sekarang setelah berbulan-bulan punya buku CEE.

Apa yang lupa, tinggal nyari solusi di buku CEE.

Ketagihan beli buku

Ketagihan beli buku dari penerbit ini ya Billionaire Store, disitu banyak banget macam-macam buku tapi dia emang fokus ke buku jualan, cara menulis, dan ada juga kisah inspiratif.

Berawal dari males, cuek, tapi akhirnya malah bikin ketagihan beli bukunya dan baca buku-bukunya.

Ternyata di temen Oriflame ku ada yang member Billionaire Store, yaudah aku beli buku di di yaitu namanya Deasy Mega dan sampe sekarang keterusan beli buku melalui temen aku

Karna aku bisa tanya lebih detail banget sebelum aku beli bukunya kayak isi buku yang mau aku beli itu apa aja bahkan kelebihan-kelebihan buku yang mau aku beli pun dikasih tau, super nyaman dan enak banget kalau mau beli buku di mbak Deasy, untung dia wilayah Surabaya dan aku Sidoarjo jadi kalau ada ongkir gak kena banyak hehe

Kalau kamu suka baca-baca buku, bisa langsung cek ig nya Billioonaire Store juga

6 komentar:

  1. Kalau baca-baca tulisan lama tuh kayak baca diary sendiri kadang yaa kak. Memang copywriting gak hanya untuk berjualan saja, tapi kayak di blog gitu memang kudu pake cara spti itu yaa kak...

    Salam kenal kak, aku Ulfah hehehe 😊😊😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mbak Ulfa salam kenal juga

      Hehe iya malah nostalgia dan kalau baca diary sendiri yaa malu-malu sendiri jadinya

      Iya, aku banyak belajar dari copywriting ini tapi masih belajar juga hoho

      Hapus
  2. Semangat , Mbak, Buku2 Billionaire Store bahasanya ringan dan mudah dipraktekkan untuk semua kalangan, pun yg pemula, dulu saya pun awal belajar jualan online dari bergabung menjadi pasukan nya kang Dewa. Dan seangkatan sama mas afik canggih wkwkwk. Mas Afik, mb Aisyah(istrinya) kenal juga saya, karena dulu belajar bareng di kampus umar usman, belajar jualan khusus reseller bilionare. heheh. GOOD LUCK y mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah asik mbak bisa seangkatan sama penulisnya langsung hihi. .masih jadi pasukannya kang Dewa kah mbak ??

      Iya mbak makasih yaa

      Hapus
  3. Sepertinya belajar nulis jadi semangat ya, dengan buku ini. Apalagi sekarang keahlian copywriting ini jadi semakin dibutuhkan. Contohnya buat di blog, juga tetep butuh strategi marketing tersendiri kan, hehe.

    Btw Mba, semangat buat terus belajar nulisnya. Pada akhirnya setiap orang akan menemukan sendiri ciri khas tulisannya. Aku pun masih terus belajar sampai sekarang. Selain practice make perfect, kalo aku sih biasanya banyak-banyakkin baca apapun bacaan dengan gaya penulisan yang beda-beda, ngebantu banget buat menambah perbendaharaan kata dan mengembangkan sudut pandang baru dalam tulisan.

    Salam kenal Mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mbak Nadhifa salam kenal juga ya

      Iya bener banget mbak menulis emang gak jauh2 dari yg namanya banyak membaca, bisa jadi malah setelah membaca eh ketemu ide mau nulisdi blog

      Aku juga sadar semenjak melahirkan, jarang yang namanya keluar rumah jadi mau gak aku harus ceples diri sendiri buat BW untuk sementara ini. .rindu ke gramed buat cari2 inspirasi buku tp masih mikir ribetnya kalau mau keluar rumah bawa bayi

      Wkwk semua akun sudah dijadikan marketing kayaknya yaa, apalagi musim covid begini udah mengandalkan internet banget urusan jual beli

      Makasih yaa mbak udah visit

      Hapus