Bebas sembelit untuk balita dalam waktu 2 hari

Sungguh pusing kalau udah mengurus balita yang lagi moody tentang makan, mungkin ibu-ibu yang punya anak kecil juga pernah merasakannya kan yaa sampai mikir "harus makan apalagi, ini anak doyan masakan yang rasanya gimana lagi"

Rasa manis, dulu mau tapi sekarang gak mau

Rasa asin, kalau keasinan yaa gak mau tapi kadang mau juga

Rasa gurih, ini mau tapi harus ada krupuk sedikit

Yaa itulah yang aku alami ketika jam makannya anak, udah deg-degan duluan di awal

Permasalahan dalam hal makan buat anak emang gak gampang, karna selera anak belum tentu seperti seleranya orang tua. .betul kan ?

Bahkan pernah juga aku bawa anak ku ke rumah sakit, waktu itu diagnosanya karna pilek tapi gak mbeler keluar ingusnya dan lidahnya pait. .makanya dalam urusan makan dia rewel, apalagi sembelit, nah ini kan perutnya gak enak jadi harus dituntaskan dulu urusan sembelitnya

Oke lah

Tapi beberapa minggu kemudian, kumat lagi tuh drama makannya

Pusing ?

Iya jelas pusing banget karna mungkin hal yang sama dialami oleh ibu-ibu lain kalau anaknya gak makan, tenaga nya full power tapi asupan dikit. .yaa kasihan juga kan

Kali ini ke dokter lagi dan diagnosa nya mengejutkan "gak sakit apa-apa kok buk, mungkin bosen dengan menu makanannya, coba makanannya dibentuk lucu"

Dalam hatiku "duh anak ku meskipun makanannya dibentuk unyu tetep aja kalau gak mood masakannya yaa gak mood"

Yaudah lah aku terima kalau dia moody makanannya tapi bingung mau makan apa, makan dikit gak apa-apa deh tapi kenapa nyamil jajan atau roti juga ikutan drama. .tambah pusing lagi kan ini

Bayangin aja hampir sebulan itu muter otak gimana cara anak ku mau makan hap hap
Menemukan solusi yang tepat atasi sembelit anak

Sempet cerita di IG story tentang permasalahan anak ku yang rewel makan dan ternyata aku menemukan alasan anak GTM alias Gerakan Tutup Mulut disitus parenting ada beberapa faktor

1. Bosan dengan makanannya
2. Tumbuh gigi (ini pernah juga dialami anak ku ketika mulai umur 6 bulan sampai 1 tahun lebih dikit)
3. Sembelit

Hal ini sepengalaman ku, ada juga hal lain tapi aku agak lupa apalagi jadi mohon maaf
Dan ada yang DM IG, ternyata temen ku SMP bercerita kalau anaknya pun sama susah makan, tapi ini susah makan buah

Pasti yang namanya orang tua pengen anaknya dapat asupan bergizi, terlebih lagi di usia yang kata orang masa golden age ini masih butuh asupan yang menyehatkan dan bergizi untuk tumbuh kembangnya

Dan bersyukurnya, aku dikasih saran untuk memberikan vitamin kepada anakku dan beliau berkata kalau anaknya langsung doyan makan hap hap hap

Yang dipikiran seorang emak-emak "wah patut dicoba karna pusing bener deh kalau anak rewel makan rewel nyamil padahal yaa udah menu nya beda"

Bahagia karna pelan-pelan permasalahan teratasi

Aku pun tanya lebih jauh tentang vitamin yang disarankan, misal mulai dari harganya supaya kalau ke apotik gak bawa uang kurang

Harganya cukup standart menurut ku dan yaudah langsung hubungi suami buat beli karna posisi suami lagi kerja, memanfaatkan suami pulang kerja untuk mampir ke apotek hehe

Ketika suami ku beli di apotek, petugasnya pun tanya "mau yang buah atau sayur pak" karna yang aku kasih petunjuk ke suami ku yang varian buah

Suami nurut aja sesuai perintah karna takut salah beli, yaudah beli yang varian buah

Dan vitamin itu adalah Fruit 18Jr


Demi anak mam hap hap, apapun mama lakukan, gitu kan yaa para emak-emak

Sebelum pakai produk, selalu lihat duku kapan tanggal kadaluarsanya, cara pakainya, dan bahannya apa aja


Waktu cek bahan-bahan Fruit 18Jr ini, ku kaget "wih ada tulisan alami-alami jadi aman beneran yaa ini buat anakku" karna tetep masih ngotot apa-apa harus banyak yang alami. .padahal yaa kadang ada yang gak juga kayak makan mie lemonilo

Terus liat lagi bahannya, dilabelnya tertulis ada yang dari sari buah-buahan alami dan buah-buahan alami yang aku lihat cukup banyak juga

Dan ini pasti sangat membantu anak ku dalam urusan persembelitan juga pastinya, kalau sampe magrib tapi anak belum poop tuh langsung mikir "duh sembelit nih"


Terus cek lagi bagian label yang lainnya dan disitu dijelaskan kalau untuk anak usia 1-12 tahun. .tapi kalau aku yaa pas masa-masa balita gini aja pakainya, kalau udah gedean perbanyak makan sayurnya karna kata dokter anak yang terkenal di kalangan artis, anak balita perbanyak makan-makanan protein hewani alias daging, ikan, ayam, bahkan telur

Cara minumnya ini aku sempet bingung sih gimana, kalimat pertama kayak dicampurkan ke air putih, sedangkan kalimat kedua dicampurkan ke makanan

Nah loh yaa kan aku yang salah atau gimana nih

Tapi sesai petunjuk, diminumkan sehari sekali pada pagi hari dan aku pakainya dicampur dengan nasi nya anak ku beserta sayur

Hasilnya bener-bener buat bahagia

Aku lupa lebih tepatnya kapan yaa efeknya, 1 atau 2 hari setelah makanan anak ku aku campurin vitamin Fruit 18Jr, tiba-tiba poop anak ku lancar bebas sembelit

Alhamdulillah bersyukur banget, trus masih belum sadar apa bener nih efek vitaminnya karna anak ku juga makan buah

Trus besoknya aku coba lagi kan dan memang sengaja aku coba sama makan buah asli, waktu buah pisang susu padahal pisang ini terkenal bikin susah poop dan emang iya bener. .tapi ini karna sama minum Fruit 18Jr, wah alhamdulillah banget lancar poop nya

Dan secara bertahap pun merasa nafsu makan anak bertambah walaupun makanannya harus menu lain, untuk saat ini anak ku lagi doyan banget makan telur ayam kampung, padahal dulu dia 1 butir telur sama nasi tuh gak mau. .mau nya di camili. .duh ada-ada aja kan

Tapi sekarang dia selalu bilang "endog" maksudnya yaa telur. .langsung hati emak-emak ini terharu

Cuman sekarang gak tau kenapa nyamil nya udah gak seberapa mau, tapi kalau makan yaa oke lah mau asalkan berbumbu ada rasanya. .kayak ada kaldu daging gitu. .kalau kaldu ayam kayaknya gak seberapa suka anak ku

Aku berterimakasih banget sama temen ku SMP, ikhtiar orang tua demi anaknya makan tuh perjuangan banget. .gak main-main !!!

Usia anak ku hampir 2 tahun jadi aku emang gak mau pilih-pilihin makanan ke dia, kecuali makanan instan (mie instan yang aman pun ini jarang karna pernah mogok makan)

Ada beberapa masakan yang disukai dan ada yang gak, yaudah lah pasrah pokok mau makan aja udah alhamdulillah, pokoknya gak lepeh-lepeh

Mungkin ada yang samaan anaknya rewel makan ?

Setiap anak punya gejala yang berbeda-beda rewelnya. .entah itu tumgi, sakit, atau bosan sama makanan itu-itu aja (ini yang bikin mumet mau makan apalagi nak). .kalau tipe kayak anak ku ini moody jadi emaknya yang kalang kabut juga

Boleh yaa dicoba, siapa tau meringankan kepusingan para emak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar